Friday, December 28, 2018

PENGALAMAN URUS VISA KOREA 2018 (UPDATE)

Haiii, kali ini gue akan Update pengurusan Visa Korea. Buat kalian yang passportnya masih kosong dan ketar ketir karena udah 2 minggu status aplikasi masih Under Review harus baca tulisan ini sampai habis wkwkw
milkbottleemoticon

Ini kali kedua gue ngurus Visa untuk ke Korea tapi tetep aja deg-deg an. Karena gue banyak baca blog dan bilang kalo berapa kalipun lo visit Korea ngga akan ada pengaruh apa-apa, klo ditolak ya tetep aja ditolak. Gitu

Tapi setelah pengurusan kedua ini dan sempet berpartisipasi dalam pengurusan visa temen gue yang passportnya kosong alias belum pernah travelling kemana-mana, gue yakin dan mengambil kesimpulan : 
  1. Asal berkas lo lengkap ngga usah takut ditolak. Mungkin status Under Reviewnya akan lama (bisa sampai 2 minggu) tapi sekali lagi, asal Berkas lo Lengkap dan semuanya Real, gue yakin aman. Ini dari pengalaman gue dan temen gue yang passportnya kosong tadi.
  2. Kalo passport kosong atau belum travelling gue saranin jangan bilang kalo travelling sendiri. Klo temen gue kemaren gue suruh nulis travelling sama cousin (gue). Tapi ini ngga bohong kok. Beneran..... Kita beneran saudara...... Saudara satu keturunan Nabi Adam wkwkkwk Tapi gue baca ada beberapa solo travelling ajuin Visa trus Approved. Kalo ini ya tergantung kalian mau nganut yang mana ....
Karena untuk harga normal pembuatan Visa sendiri kurang lebih sebagai berikut (update 2018) :
  1. Single Visa (Visa kunjungan di bawah 90 hari): Rp552.000,-
  2. Single Visa (Visa kunjungan di atas 90 hari): Rp828.000,-
  3. Double Visa (Dua kali masuk dan berlaku untuk 6 bulan): Rp966.000,-
  4. Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun): Rp1.224.000,-


*note : pembayaran sekarang dilakukan di KEB Hana Bank yang ada didepan Kedutaan. Jadi, sebelum kalian masuk ke kantor Kedutaannya, mampir dulu ke Bank yang ada di gedung depannya. Lalu bayar dan petugasnya akan ngasih kalian perangko yang akan dipakai untuk daftar visa.

Pelayanan yang dilakukan Kedubes Korea Selatan ini dibagi jadi dua waktu :
Pengajuan Aplikasi Visa                : 09.00 – 11.30
Pengambilan Visa                          : 13.30 – 15.00

Dan just info, uang lo ngga akan kembali klo pengajuan Visa lo ditolak milkbottleemoticon
Jadi pastikan berkas-berkas kalian lengkap.

Persyaratan Visa :
  1. Formulir aplikasi Visa bisa lo unduh di : http://www.mofa.go.kr/ENG/image/common/title/res/visa_application_form(15.06.15.).pdf
  2. Pas foto dengan background putih ukuran 3,5 x 4,5 
  3. Surat Keterangan Kerja (in English). Ini penting banget, karena Pemerintah Korea Selatan harus yakin lo punya kerjaan tetap yang mengharuskan lo kembali lagi ke Indonesia. Buat yang masih pelajar/mahasiswa lo harus bikin surat dari institusi pendidikan. Atau kalo buat lo yang udah lulus kuliah, tapi belum wisuda dan belum punya kerjaan tetap juga alias luntang-lantung (?) lo bisa nulis surat keterangan (in English) yang isinya lo akan wisuda kapan dan sekarang mungkin lagi freelance atau apa. Atau sambil curhat susahnya nyari kerja pake surat keterangan lulus doang juga boleh eaaa milkbottleemoticon
  4. Bukti Keuangan. Ini nih yang agak  banyak. Lo harus lampirin SPT tahunan, fotokopi NPWP, Rekening koran 3 bulan terakhir (asli), Surat Keterangan Gaji (asli), Surat Referensi Bank (asli, In English).
  5. KTP, Akte Kelahiran, KK
  6. Passport asli (yang akan ikut dikumpulkan selama pengajuan visa) dan fotokopi

Tambahan : Bukti tiket pesawat dan reservasi hotel tidak usah dilampirkan karena akan dikembalikan.

TIPS :

  1. Semua berkas harus lengkap, termasuk Akte. Karena ada temen gue yang ditolak karena ngga melampirkan Akte (nggatau ngaruhnya apa sih gue wkwkkw)
  2. Sebenarnya untuk bukti keuangan hanya diharuskan melampirkan 2, tapi buat yang ngga yakin sama keuangannya lampirkan aja semuanya, termasuk referensi bank (karena sebenarnya  di Website tidak disebutkan untuk dilampirkan)
  3. Jumlah uang yang diendapkan. Gue dua kali kesana ngga ada pengendapan uang. Tapi gue pake rekening koran dari bank yang rutin ada pemasukan (gaji bulanan). Saldo terakhir gue ngga pernah diatas 5 Juta.  Tapi ya kalo kalian ragu hitung aja jumlah stay di Korea dikali minimal sejuta sehari.
  4. Buat yang belum pernah travelling lebih baik memperlihatkan kalo kesana ngga sendiri (yah ngakuin temen jadi saudara bentar ngggapapa lah ya wkwkwk)
Pembuatan Visa biasanya sekitar 6 hari kerja. Tapi gue kemaren 3 hari udah Approved. Temen gue yang passportnya kosong 2 minggu baru approved. Tepat 3 hari setelah gue Approved (padahal dia ajuin duluan). Buat lo yang terlalu excited dan ngga sabaran pengen ngecek tiap hari lo bisa cek websitenya http://idn.mofa.go.kr/ di bagian cek status aplikasinya.


Disitu nanti lo akan diminta masukin nomer aplikasi atau bisa juga pakai nomer passport. Dan ingat saat menulis nama, lo harus memasukkannya terbalik. Misalnya nama lo Muhammad Adrian, lo ngetiknya Adrian Muhammad.


Sekali lagi, SELAMAT MENCOBA. Ngga perlu takut-takut lagi kan ajuin VISA ke KOREA :D

No comments: